:
Makna Simbol Freemason Dalam Film National Treasure

LEARN ENGLISH MAKE FRIENDS !!!!!!!

LEARN ENGLISH MAKE FRIENDS !!!!!!!
..:: WELCOME TO THE R.I.A.N.N.A'S BLOG FOREVER ::.. ..:: HAVE A NICE BLOGGING ::.. ..:: THREE CHEERS FOR R.I.A.N.N.A S.O.U.L ::.. ..:: WHAT THE FUCK WITH YOU ::.. <<< THANKSGIVING >>>

Rabu, 23 November 2011

Makna Simbol Freemason Dalam Film National Treasure

National Treasure
Masih ingat dengan film National Treasure besutan sutradara Jon Turteltaub  dan dibintangi oleh Nicholas Cage. Film yang bercerita tentang pencarian harta karun yang dilindungi dan tersembunyi selama berabad-abad hingga seorang peneliti modern menemukan serangkaian petunjuk yang rumit.
Tetapi saya tidak ingin membahas lebih jauh jalan cerita film yang dibuat pada tahun 2004 tersebut. Ada hal yang lebih menarik yang didapat setelah saya menonton film tersebut, dalam hal ini mengenai petunjuk yang mengarah kepada harta karun Freemason dalam film itu.
Tahukah anda bahwa simbol-simbol Kaum Mason yang menjadi petunjuk dalam film tersebut diambil dari simbol-simbol peradaban Mesir Kuno. Berikut makna dari simbol-simbol tersebut yang saya kutip dari buku Ancaman Global Freemasonry (2005) karya Harun Yahya.

PIRAMID DI BAWAH MATA
Simbol Masonik yang paling terkenal ditemukan pada cap Amerika Serikat, juga pada uang kertas satu dolar. Pada cap ini terdapat setengah piramid dengan mata pada segitiga di atasnya. Mata di dalam di dalam segitiga ini adalah simbol yang senantiasa ditemukan di loge-loge dan semua terbitan Masonik.

Piramida di bawah mata di dalam segitiga relatif sedikit menarik perhatian. Namun, piramida ini sangat berarti dan mencerahkan untuk memahami filsafat Masonry. Dan diketahui bahwa para pendiri Amerika atau yang sering disebut sebagai “The Founding Fathers”, yang semula mengadopsi cap tersebut adalah kaum Mason, dan karenanya mendukung filosofi humanis. Hubungan filosofi ini dengan Mesir Kuno disimbolkan dengan piramid yang ditempatkan di pusat cap tersebut. Piramid ini adalah representasi Piramid Cheops, kuburan Fir’aun yang terbesar.


MAKNA MASONIK DARI BINTANG SEGIENAM
Bintang David
Simbol Masonry yang terkenal lainnya adalah bintang segienam, yang terbentuk dengan meletakkan satu segitiga terbalik diatas segitiga lainnya. Ini juga simbol tradisional Yahudi, dan sekarang ini muncul di bendera Israel. Diketahui bahwa Nabi Sulaiman pertamakali menggunakannya sebagai cap. Oleh karena itu, bintang segienam adalah cap seorang nabi, bukan simbol suci.
Namun, kaum Mason mempunyai konsep yang berbeda. Mereka tidak menganggap bintang segienam ini sebagai simbol Nabi Sulaiman, namun sebagai simbol paganisme bangsa Mesir Kuno. Simbol yang diadopsi oleh kaum Mason ini dikenal sebagai Bintang David.

TIANG GANDA
Loge masonic agung
Dekorasi Masonik yang sangat diperlukan adalah tiang ganda di pintu masuk. Kata “Jachin” dan “Boaz” dipahatkan di atasnya, sebagai tiruan dari dua tiang pada pintu masuk Kuil
Simbol Masonic
Sulaiman. Namun sebenarnya, kaum Mason tidak memperuntukkan tiang-tiang ini sebagai tanda peringatan atas Sulaiman, melainkan sebagai ungkapan tuduhan jahat mereka terhadapnya. Asal usul tiang ini lagi-lagi berasal dari Mesir Kuno.


OBELISK
Obelisk di Lembah Para Raja
Obelisk di Central Park, New York
Obelisk adalah sebuah menara tinggi, tegak lurus dengan piramid sebagai puncaknya. Obelisk dipahat dengan hiroglif Mesir Kuno, dan terkubur selama berabad-abad dibawah tanah sampai ditemukan di abad kesembilan belas, dan dipindahkan ke kota-kota di Barat seperti New York, London, dan Paris. Obelisk terbesar dikirimkan ke AS. Pengiriman ini diatur oleh kaum Mason. Ini karena obelisk, sebagaimana huruf-huruf Mesir Kuno yang terpahat padanya, diklaim oleh kaum Mason sebagai simbol-simbol mereka sendiri                                     

JANGKA DAN SIKU-SIKU
Simbol Masonic, jangka dan siku-siku
Diantara simbol Masonry yang paling dikenal adalah sebuah jangka menangkupi siku-siku. Jika kaum Mason ditanya, mereka menjelaskan bahwa simbol ini mewakili konsep sains, keteraturan geometrik, dan pemikiran rasional. Namun, jangka dan siku-siku tersebut sebenarnya mempunyai makna yang sangat berbeda.
Dalam buku yang ditulis oleh salah seorang Mason terbesar sepanjang masa. Dalam Morals And Dogma, Albert Pike menulis mengenai jangka dan siku-siku:
Albert Pike
Siku-siku adalah suatu simbol yang alamiah dan tepat dari bumi ini… Figur hemaproditik adalah simbol dari alam ganda yang sejak dahulu diberikan kepada dewa, sebagaimana Pembangkit dan Penghasil, sebagaimana Brahma dan Maya pada bangsa bagi bangsa Arya, Osiris dan Isis bagi bangsa Mesir. Sebagaimana Matahari adalah pria, maka bulan adalah wanita.
Ini berarti bahwa jangka dan siku-siku, simbol Masonry yang paling terkenal adalah sebuah simbol dari paganisme Arya dan berawal sejak zaman Mesir Kuno atau sebelum kedatangan Agama Kristen. Bulan dan matahari pada bagian yang dikutip Pike, merupakan simbol-simbol penting pada loge Masonik, dan tak lain daripada sebuah refleksi keyakinan keliru masyarakat pagan kuno yang menyembah bulan dan matahari itu. 
Meski kebanyakan terlihat umum, banyak arsitektur lain di dunia  yang meniru konsep arsitektur Kaum Mason. Pertanyaannya, apakah simbol-simbol tersebut juga ada di Indonesia? mungkin kita kurang menyadarinya.
***


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar