:
Cara Bijak Mengelola Uang

LEARN ENGLISH MAKE FRIENDS !!!!!!!

LEARN ENGLISH MAKE FRIENDS !!!!!!!
..:: WELCOME TO THE R.I.A.N.N.A'S BLOG FOREVER ::.. ..:: HAVE A NICE BLOGGING ::.. ..:: THREE CHEERS FOR R.I.A.N.N.A S.O.U.L ::.. ..:: WHAT THE FUCK WITH YOU ::.. <<< THANKSGIVING >>>

Selasa, 02 Agustus 2011

Cara Bijak Mengelola Uang

Setiap bulan Anda menerima gaji dan harus mengelola gaji Anda tersebut untuk kebutuhan hidup Anda sehari-hari selam satu bulan. Namun, Anda pun harus memikirkan dan mempersiapkan tabungan Anda untuk hari tua Anda apabila Anda sudah tidak  bekerja lagi. Jika Anda tidak bijak mengelola keuangan Anda, bisa jadi pengeluaran Anda akan lebih besar dari penghasilan Anda atau dalam peribahasa “besar pasak daripada tiang”. Berikut tips mengelola keuangan secara bijak:
  1. Buat daftar aset dan kewajiban yang harus Anda bayar, kemudian hitung penghasilan bersih bulanan, dan catat pengeluaran Anda.
  2. Susun sasaran yang akan Anda capai dan ceritakan mengenai sasaran Anda tersebut kepada teman-teman atau pun keluarga, minta mereka untuk mengingatkan Anda untuk tetap konsisten dengan sasaran dan memeriksa konsistensi Anda setiap bulannya.
  3. Perhatikan pilihan keuangan Anda, jika Anda sedang jalan-jalan di mal dan tertarik pada barang yang dipajang, pikirkan matang-matang apakah Anda membelinya karena Anda perlukan, bukan Anda inginkan.
  4. Tulis di kertas, jangan hanya dicatat dalam ingatan Anda.
  5. Bayar hutang kartu kredit Anda.
  6. Bayar tagihan tepat waktu, jangan menunggak dan sesuai dengan jumlah yang tertera.
  7. Jangan pernah meremehkan jumlah uang yang akan Anda perlukan pada saat pensiun nanti.
  8. Bila perlu, cari bantuan seseorang yang ahli dalam bidang keuangan untuk membantu Anda menyusun keuangan Anda.
Sumber: NOVA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar