:
5 Tingkat Kemandirian Finansial

LEARN ENGLISH MAKE FRIENDS !!!!!!!

LEARN ENGLISH MAKE FRIENDS !!!!!!!
..:: WELCOME TO THE R.I.A.N.N.A'S BLOG FOREVER ::.. ..:: HAVE A NICE BLOGGING ::.. ..:: THREE CHEERS FOR R.I.A.N.N.A S.O.U.L ::.. ..:: WHAT THE FUCK WITH YOU ::.. <<< THANKSGIVING >>>

Selasa, 02 Agustus 2011

5 Tingkat Kemandirian Finansial

Kemandirian finansial bagi setiap orang akan berbeda tergantung fase kehidupannya. Dengan memahami di mana level Anda, akan lebih mudah nantinya dalam mengatur atau merencanakan keuangan agar bisa lebih mandiri secara finansial. Anda tentunya tak ingin selamanya terjebak dalam lilitan utang kartu kredit atau tak juga mampu menambah aset seperti rumah atau mobil bukan?
Secara umum tingkat kemandirian finansial terbagi lima:
Tingkat pertama, Anda bebas dari godaan finansial diri sendiri.
Tingkat kedua, bebas ketergantungan finansial dari orang-orang yang mencintai Anda.
Tingkat ketiga, bebas ketergantungan dari kreditur. Artinya, Anda bisa dikatakan mandiri secara finansial pada level ketiga jika utang kartu kredit, cicilan rumah, atau pinjaman pribadi lainnya bisa teratasi atau terkendali dengan baik.
Tingkat keempat, bebas dari ketergantungan pada pekerjaan sebagai karyawan. Artinya, Anda memiliki kemandirian finansial dengan tidak bergantung pada gaji bulanan yang didapat dari posisi sebagai karyawan sebuah perusahaan.
Tingkat kelima, ini adalah level kemandirian paling prima, hanya jika Anda bebas dari berbagai masalah finansial. Anda tak lagi punya masalah keuangan atau semua hal yang berhubungan dengan persoalan keuangan telah ditangani dan diamankan dengan baik.
Jika Anda masih dalam tingkatan satu hingga tiga, tandanya Anda memerlukan perbaikan dalam pengelolaan keuangan. Anda perlu melakukan perencanaan keuangan untuk memperbaiki kondisi finansial.
Sumber: KOMPAS.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar