:
Nuansa dalam bahasa Inggris: Ask, Inquire atau Require?

LEARN ENGLISH MAKE FRIENDS !!!!!!!

LEARN ENGLISH MAKE FRIENDS !!!!!!!
..:: WELCOME TO THE R.I.A.N.N.A'S BLOG FOREVER ::.. ..:: HAVE A NICE BLOGGING ::.. ..:: THREE CHEERS FOR R.I.A.N.N.A S.O.U.L ::.. ..:: WHAT THE FUCK WITH YOU ::.. <<< THANKSGIVING >>>

Sabtu, 12 Maret 2011

Nuansa dalam bahasa Inggris: Ask, Inquire atau Require?

Apa perbedaan antara “ask”, “inquire” dan “require”? Kapan kita harus menggunakannya? Dapatkah kita menggunakan yang satu untuk menggantikan yang lain?
Pertanyaan-pertanyaan di atas menunjukkan sejumlah nuansa atau rasa bahasa yang menarik dari bahasa Inggris. Nuansa (atau “nuance” dalam bahasa Inggrisnya) merupakan suatu cara di mana arti dari kata berubah, meskipun kata tersebut terkesan serupa. Mari kita simak tiga kata berikut ini untuk melihat dalam hal apa mereka memiliki kesamaan dan perbedaan.
Pertama, Anda harus memahami bahwa “inquire” dan “require” terdengar dan terlihat serupa, sedangkan “ask” merupakan suatu kata yang benar-benar berbeda. Hal ini membuka celah kecil ke dalam sejarah bahasa Inggris. Ada banyak hal yang dapat dibahas mengenai topik tersebut, tetapi yang perlu Anda ketahui di sini adalah bahwa “inquire” dan “require” berakar dari bahasa Latin, sedangkan “ask” berasal dari bahasa Inggris Kuno.
Sekitar 1000 tahun yang lalu, sebagian besar bahasa Inggris merupakan campuran dari berbagai bahasa Eropa Utara. Kemudian bahasa Inggris memperoleh pengaruh besar dari bahasa Perancis, dan bahasa Perancis ini sendiri berakar kuat dari bahasa Latin. Sebagai hasilnya, bahasa Inggris modern memiliki akar dari campuran berbagai bahasa, sehingga memberikan kita beragam cara dan kata untuk mengungkapkan suatu makna yang sama.
Kini, kita mencampuradukkan kata baru dan kata lama dalam bahasa Inggris modern tanpa benar-benar memperhatikannya. Tetapi sebenarnya, mengetahui perbedaan dari kata-kata tersebut dapat membantu Anda membuat pilihan yang lebih tepat saat menulis dan berbicara, termasuk juga saat belajar menguasai kata benda dan bentuk jamak yang tidak beraturan yang seringkali membuat pusing kepala. Kata-kata tersebut sebenarnya tidak benar-benar tidak beraturan: tetapi hanya dipengaruhi oleh aturan bahasa Inggris kuno!
Secara umum, kata-kata yang berasal dari bahasa Latin lebih panjang dan dapat dipenggal menjadi beberapa bagian, seperti awalan, akhiran dan kata dasar. Contohnya, “inquire” dan “require” memiliki kata dasar yang sama, yaitu “quire.” “Quire” berakar dari bahasa Latin yang berarti mencari. Awalan “in” dan “re” mengubah arti dari masing-masing kata. Sebaliknya, “ask” merupakan contoh yang sempurna dari kata bahasa Inggris kuno: pendek, fleksibel dan bermakna jelas.
Tiga kata yang kita bahas di sini berarti meminta informasi atau aksi, tetapi mereka digunakan dalam konteks yang berbeda.
“Ask” merupakan yang paling fleksibel di antara ketiga kata tersebut, dan Anda dapat menggunakannya dalam berbagai konteks berbeda. “Ask” dapat digunakan baik sebagai kata kerja transitif ataupun intransitif, contohnya:
- ask someone to do something
- ask for the bill
- ask around
- ask to leave

“Inquire” berarti meminta informasi. Kata ini juga dapat digunakan sebagai kata kerja transitif ataupun intransitif. Dengan kata ini Anda dapat:
- inquire about the weather
- inquire why they are leaving
- inquire after his mother (menanyakan kesehatannya)

“Require” berarti memerlukan atau butuh. Kata ini hanya berperan sebagai transitif, jadi Anda selalu membutuhkan objek saat menggunakannya:
- require some new supplies
- require her to finish on time

Sekarang saya harap Anda mengerti arti dari ketiga kata tersebut. Mengetahui kapan dan bagaimana menggunakan kata tersebut memang merupakan hal yang tidak mudah bagi Anda yang belajar bahasa Inggris. Kata “ask” sebenarnya dapat digunakan dalam hampir seluruh contoh di atas. Sedangkan kata “inquire” dan “require” digunakan hanya dalam konteks tertentu saja.
Penutur asli bahasa Inggris seringkali menganggap bahwa kata-kata yang berasal dari bahasa Latin dan Yunani memiliki arti yang lebih jelas/tepat dan terkesan lebih ‘pintar’, terlebih dalam menulis. Tetapi mereka yang baru belajar bahasa Inggris dapat menggunakan kata-kata ini terlalu sering dan mengakibatkan bahasa Inggris mereka terkesan tidak alami. Lebih baik bila Anda menjaga struktur kalimat Anda sederhana dan jelas, dan sebelum Anda menyadarinya, Anda akan tahu kapan Anda dapat menambahkan kata-kata yang lebih bervariasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar