:
Kunci supaya bisa cas cis cus speaking !!!!

LEARN ENGLISH MAKE FRIENDS !!!!!!!

LEARN ENGLISH MAKE FRIENDS !!!!!!!
..:: WELCOME TO THE R.I.A.N.N.A'S BLOG FOREVER ::.. ..:: HAVE A NICE BLOGGING ::.. ..:: THREE CHEERS FOR R.I.A.N.N.A S.O.U.L ::.. ..:: WHAT THE FUCK WITH YOU ::.. <<< THANKSGIVING >>>

Kamis, 27 Januari 2011

Kunci supaya bisa cas cis cus speaking !!!!

Cukup banyak pengunjung blog dan fanfage yang mengeluhakn susahnya bisa speaking meskipun sebagian besar materi telah dipelajari. Kebanyakan tidak mengerti mengapa setelah belajar bahasa Inggris masih saja sulit untuk speaking. Sekedar menguasai materi atau grammar memang bisa dikatakan belum cukup untuk membuat Anda bisa cas cis cus dalam speaking. Hal terpenting yang banyak dilupakan para pembelajar bahasa Inggris adalah vocabulary (kosa kata). Boleh jadi Anda telah mengetahui struktur dan grammar kalimat yang akan Anda sebutkan tetapi Anda tidak tahu bahasa Inggris dari kata-kata tersebut. Disinilah pentingnya vocabulary (kosa kata) untuk bisa lancar speaking.
Mustahil Anda bisa mengatakan sesuatu dalam bahasa Inggris jika Anda tidak mengetahui bahasa Inggris dari sesuatu itu. Olehnya itu, Anda harus selalu menambah dan menambah perbendaharaan kata Anda, tentu saja dengan metode yang benar dan efektif. Berikut admin coba memberikan tips bagaimana belajar dan menambah kosa kata.
Mempelajari vocabulary (kosa kata) adalah bagian yang sangat penting dari belajar sebuah bahasa. Semakin banyak kata yang Anda tahu, semakin besar kemampuan Anda dalam memahami apa yang Anda dengar dan baca dan semakin tinggi kemampuan Anda untuk bisa mengatakan apa yang ingin Anda katakan atau tulis.
Kata mana yang harus dipelajari/dihafal
Sangat banyak kata dalam bahasa Inggris. Bukan mustahil Anda tidak dapat mempelajari/menghafal semua kata. Olehnya itu Anda perlu strategi agar kata-kata yang Anda pelajari/hafal dapat digunakan secara efektif. Berikut beberapa saran untuk memilih kata-kata mana yang diberikan prioritas:
  • Pelajarilah kata-kata yang penting bagi subjek-subjek yang sedang Anda pelajari
  • Pelajarilah kata-kata yang selalu Anda dengar atau baca
  • Pelajarilah kata-kata yang kemungkinan sering Anda gunakan
  • Jangan habiskan waktu mempelajari kata-kata yang langka atau jarang dipakai.
Bagaimana mempelajari kata?
Jika Anda sudah memilih kata mana yang harus dipelajari/dihafal, selanjutnya Anda harus memutuskan bagaimana Anda akan mempelajari kata-kata tersebut. Berikut beberapa anjuran:
  • Tulis kata-kata itu di sebuah buku catatan (lengkap dengan terjemahan atau definisinya)
  • Tulis kata-kata itu dan definisinya pada kartu-kartu kecil (kata pada satu sisi dan definisi pada sisi lainnya).
  • Kelompokkan kata-kata itu menjadi beberapa kelompok.
  • Tulis kata-kata tersebut dalam sebuah file untuk digunakan dengan program komputer
  • Kait-kaitkan kata-kata tersebut baik dengan gambar maupun dengan kata lain.
  • Minta seseorang untuk menguji Anda
  • Gunakan kata-kata itu dalam speaking atau writing yang Anda lakukan
Biasanya belum cukup hanya sekedar membaca daftar kata beserta definisinya atau terjemahannya lalu mencoba menghafalnya. Pengalaman menunjukkan bahwa banyak yang menghafal kata dengan lebih baik jika mereka melakukan sesuatu dengan kata-kata tersebut. Bahkan lebih baik lagi mempelajari kata tersebut dalam kombinasinya yang lazim dengan kata-kata lain. Misalnya, mempelajari bahwa to apologize berarti to say sorry (minta maaf) sudah bagus, tetapi jauh lebih baik mempelajari sebuah ungkapan utuh yang mengandung kata tersebut, misal: He apologized for being late. Ini tidak hanya mudah diingat, tetapi Anda juga mempelajari beberapa informasi penting tentang bagaimana kata tersebut digunakan.
Belajar vocabulary dengan membaca
Kata-kata bahasa Indonesia baru yang Anda tahu kebanyakan Anda jumpai dalam buku atau majalah yang Anda baca. Konteks dimana sebuah kata baru terdapat dalam bacaan dapat membantu kita untuk menebak makna kata tersebut. Menjumpai kata tersebut berulang-ulang dalam bacaan akan membantu Anda mempelajarinya untuk digunakan dalam speaking dan writing. Membaca banyak bacaan bahasa Inggris selama waktu luang (baik buku fiksi maupun non-fiksi) juga merupakan cara yang sangat baik untuk mempelajari kata-kata baru. Tetapi pilihlah buku yang menurut Anda cukup mudah dibaca. Yang perlu diingat: untuk belajar kata-kata baru dari bacaan Anda harus membaca BANYAK.
Hal-hal yang perlu diketahui tentang kata yang Anda pelajari/hafal
Biasanya hal pertama yang Anda pelajari tentang sebuah kata bahasa Inggris yang baru adalah apa artinya dan apa terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Tetapi, ada hal-hal lain yang perlu Anda cari sebelum Anda bisa mengatakan bahwa Anda sudah mengetahui sebuah kata sebagaimana native speaker mengetahuinya. Contoh, Anda harus mempelajari:
  • Cara pengejaannya
  • Cara pelafalannya
  • Cara perubahannya (bagaimana perubahannya jika ia menjadi verb, noun, atau adjective)
  • Informasi grammar lain tentangnya
  • Bagaimana kata tersebut berkolokasi (yakni, kata-kata apa saja yang sering digunakan bersama dengan kata itu)
  • Apakah kata tersebut memiliki style tersebdiri
Para native speaker mempelajari hal-hal di atas dengan mendengarnya dan membacanya lagi dan lagi. Ini juga merupakan cara terbaik untuk mempelajari kata. Untuk informasi tambahan tentang pengayaan kosa kata lihat juga tulisan sebelumnya..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar